Jumat, 12 Juni 2009

Asal usul Sejarah Kampung TREMAN

.(Data : Sumber Pengolahan Sejarah Desa)


Awal mulanya disekitar pertengahan tahun 1525 dari sekelompok masyarakat kecil dari desa walantakan, sebutan sebuah daerah waktu itu yang sekarang disebut TONSEA LAMA atas pimpinan Dotu lengkong, Wulur dan Rensina bersama- sama dengan Tonaas Paruntu dan Makalew. Mereka bermufakat untuk mencari tempat baru dan dijadikan pemukiman/ wanua tempat tinggal mereka (Tumani), merekapun berkelana ke arah utara mengikuti Kuala Sawangan (Sungai Sawangan) untuk mencari tempat tinggal dan tempat pertama yang mereka temui mereka namakan KELEWER (daerah sekitar pegunungan Dembean).
Selanjutnya setelah kurang lebih 7 tahun lamanya mereka tinggal menetap disitu dengan melalui ritual- ritual adapt, mereka bermohon kepada Opo Empung (Tuhan yang maha Kuasa), melalui kepercayaan waktu itu dengan perantaraan burung Manguni (Doyot) bahwa tempat itu belum dikabulkan maka pada tahun 1532 tempat itu mereka tinggalkan pindah kearah utara dan sampailah mereka disuatu tempat yang mereka namakan tempat itu KERARIS. Juga ditempat itu sesuai dengan apa yang mereka alami ditempat pertama ini juga tidak cocok bagi mereka, maka pada tahun 1539 mereka berpindah lagi menuju arah timur dan sampailah mereka disuatu tempat yang oleh mereka namakan tempat itu TENGETWATU (yang sekarang daerah itu dikenal dengan sebutan ERIS (didaerah selatan perkebunan Wanua treman), tempat ini juga terdapat peninggalan sejarah yaitu Lesung yang terbuat dari batu (TengetWatu).
Pada tahun 1546 mereka (rombongan keluarga) berpindah lagi, juga tempat ini belum direstui Opo Empung (Tuhan yang Maha Kuasa) karena banyak gangguan antara penyakit, serbuan bangsa luar dan lain – lain, maka menujulah mereka kearah timur dan sampailah mereka disuatu tempat yang bernama TONGKEINA. Pada akhir tahun 1691, oleh Dotu Lengkong, Tonaas Paruntu dan Makalew serta rombongnya dengan melalui ritual adat melalui permohonan pada Opo Empung (Tuhan yang Kuasa) dengan perantaraan burung Manguni (Doyot) saat itu mereka mendapat suatu jawaban bahwa tempat ini sudah diKabulkan atau sudah mendapat restu dari Opo Empung (Tuhan yang Kuasa) yang dalam bahasa daerahnya : Tareuman kinalelean ni Opo Empung Pamikiwean atau inilah jawaban dari Tuhan yang Kuasa yang resminya nama desa tersebut adalah : TAREUMAN (saat ini tempat tersebut disebut – sebut dengan naman MINAWANUA yaitu bekas Kampung atau desa dan tempat ini banyak terdapat peninggalan sejarah dimana sebagai bukti Kuburan Tua (Waruga). Diantaranya terdapat Waruga Dotu Lengkong, juga dari peninggalan tersebut tedapat bekas benteng pertahanan yang mengelilingi tebing antara lain batu – batu besar serta rumpun bamboo yang unik yaitu bamboo yang mempunyai duri – duri yang melingkar.
Selanjutnya selama 160 tahun mereka bermukim mereka bergeser lagi kearah utara dan tempat itu mereka namakan TAREUMAN UNET/PINECISAN. Stelah mereka bermukim kurang lebih 40 tahun atau pada tahun 1801 mereka bergeser lagi sedikit kesebelah utara karena rombongan masyarakat ini sudah berkembang besar maka dari sebagian rombongan tinggal menetap ditempat ini dan mereka namakan tempat tinggal ini TAREUMAN WANGKO dan saat ini sudah menjadi tempat tinggal yang abadi dan kekal serta namanya sekarang disebut TREMAN. Menurut data dan penuturan dari para leluhur dan nenek moyang yang diwariskan kepada cucu- cucunya bahwa pada tahun 1684 dan sebelumnya belum ada suatu pemerintahan yang sah oleh karena Dotu dan rombongannya bersama – sama Tonaas Paruntu dan Makalew pada waktu itu selalu berpindah – pindah tempat pemukiman. Baru kemudian di akhir bulan ke- 3 tahun1685 ditempat yang bernama TONGKEINA mereka berusaha membentuk suatu pemerintahan yang dihulubalangi oleh Tonaas. Pada permulaan tahun 1698 dengan resminya mulai diadakan pemilihan Hukum Tua dan sebagai Hukum Tua yang Pertama ialah LENGKONG yaitu sejak 1698 s/d 1718 (selama 20 thn). Seterusnya sampai dengan Hukum Tua sekarang yang ke- 32 ialah Hukum Tua BERNHARD WOLTER JOHANIS TUWAIDAN (periode 2007 s/d 2013).

0 komentar:

Torang so gabera!!!

Torang so gabera!!!

IDENTITAS

IDENTITAS

KREATIVITAS

KREATIVITAS

KONTEKSTUALITAS

KONTEKSTUALITAS

Buku - buku Sastra Tonsea

Puisi koleksi Chandra Dengah Rooroh

DENDAM RUMPUT LIAR

DENDAM RUMPUT LIAR

JONGEN SPOKEN

JONGEN SPOKEN

Orang Tonsea

Orang Tonsea